Friday, July 2, 2010

Panduan Meng-Upgrade Firmware Nokia

Dulu, Nokia memang lebih tertutup untuk urusan upgrade dibanding pabrikan lain. Tengok, betapa mudahnya pengguna ponsel Siemens (sekarang BenQ-Siemens) mengupdate firmwarenya. Atau lihat juga fasilitas yang diberikan Sony Ericsson dan O2 kepada pengguna ponsel-ponsel mereka, untuk memperbaharui firmwarenya. Namun kini, Nokia sudah mulai membuka diri dengan menyediakan layanan update online. Namanya Phone Software Update.

Layanan phone software update ini terdiri dari 2 jenis layanan.
1. Update Over The Air (OTA). Layanan ini memungkinkan pemakai ponsel Nokia untuk mengupdate softwarenya langsung via internet. Tentu saja dibutuhkan koneksi internet (GPRS/Wifi) dan biaya tambahan yang dibebankan oleh operator.
2. Update melalui komputer. Agar layanan bisa berjalan mulus, memerlukan komputer dengan sistem windows 2000 atau XP, kabel USB, dan internet (disarankan untuk menggunakan koneksi broadband). Layanan ini dapat diaplikasikan untuk Nokia N70, N71, 6131, 6630, 6680, 6681, dan 6682.

Persiapan :
Sebagai langkah awal, Masuklah ke situs ini. Pada halaman webnya, akan diminta menentukan model ponsel yang hendak diupgrade. pilih tipe Nokia pada kolom yang tersedia, kemudian tekan tombol ‘update via PC’.

Selanjutnya akan muncul halaman petunjuk step by step cara upgrade software.
Kini memasuki tahap kedua. Disini, dipersilahkan mendownload Nokia Software Updater. Tekan tombol ‘download’ untuk memulai proses download. Sebagai tambahan info, file installer Nokia Software updater memiliki ukuran sebesar 15 MB sehingga cukup memakan waktu untuk mendownloadnya.
Setelah selesai, install software di PC. Jika berhasil, akan muncul sub program baru bertajuk Nokia Software Updater pada menu start>program>Nokia Software Updater.
Langkah-langkah Update Software:
1. Sebelum memulai proses update, sebaiknya lakukan backup file-file penting ponsel . Gunakan Nokia PC Suite atau dengan bantuan kartu memori.
2. Jalankan program Nokia Software Updater dari start menu.
3. Tekan tombol ‘start’.
4. Pada tahap ini ponsel harus terhubung dengan komputer melalui kabel USB. Ponsel dalam keadaan aktif dengan SIM card terdapat di dalamnya.
5. Pilih profile ‘general’. Jangan lupa hubungkan ponsel dengan charger untuk menghindari kehabisan baterai (loss power) saat proses upgrading.
6. Tekan tombol ‘next’.
7. Selanjutnya ponsel akan mengidentifikasi ponsel yang hendak diupgrade.
8. Nokia Software Updater segera mencari Updater yang tersedia. Jika firmware ponsel merupakan software terbaru, updater tidak akan memulai proses upgrade.
9. Jika terdapat update-nya, Nokia updater segera melakukan proses upgrade.
10. Setelah selesai, akan muncul konfirmasi bahwa proses tersebut telah selesai.

Selain dapat memperbaharui kinerja ponsel, proses update juga dapat menyelesaikan beragam masalah seperti ponsel hang, application error, atau kerusakan software lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 

Sahabat Ngopi

Wong Indehoi

Serdadu Hijau

Two Bhe Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template